Senin, 29 September 2008

Mercedes Vito BlueEfficiency

Mobil van yang ringan belum tentu bisa lebih efisien bahan bakar dan ramah lingkungan dibanding truk atau bus yang berat. Konsep inilah yang diterjemahkan Mercedes Benz dalam bentuk model van Vito BlueEfficiency.

"Kami berfikir bagaimana caranya dapat memenuhi keinginan konsumen etrhadap sebauh mobil komersial yang dapat menampung beban banyak namun mobil tersebut beremisi rendah," kata Wilfried Porth, pimpinan divisi Van Daimler AG dalam pernyataan resminya.

Menjawab tantangan ini, Porth mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa produk yang disebut sebagai Shaping Future Transportation'. Produk yang akan diperkenalkan berupa van bermesin hybrid, termasuk plug-in Spriter serta Vito BlueEfficiency yang menggunakan mesin diesel super efisien.

Rahasia efisiensi bahan bakar terdapat pada penggunaan enam percepatan transmisi, fitur start and srop engine, serta paket peningkatan aerodinamis. Dibanding tipe standar Vito, varian BlueEfficiency-nya mengonsumsi solar 1,5 liter lebih irit setiap menempuh jarak 100 km. Sementara emisi karbondiksidanya dapat dipangkas sebesar 40 gr/km.

Segmen van dengan teknologi efisiensi, memang menjadi incaran berbagai pabrikan kendaraan. Tak hanya Mercedes Benz sendiri, produsen satu negaranya, Volkswagen juga mengembangkan Crafter BlueMotion Studie yang juga diklaim memiliki teknologi diesel yang sangat efisien. Mobil berbobit 3,5 ton ini mengomsumsi bahan bakar sekira 13,4 km/liter. Sebagai mobil bermesin diesel, emisi natrium oksid (NOx) menjadi perhatian. Namun tak maslah dengan penggunaan SCR katalis yang disebut teknologi AdBlue yang mengurangi kadar NOx secara signifikan. Tak heran emisi mobil ini sudah memenuhi standar Euro 5.

Pabrikan mobil Jepang Nissan tak ketinggalan dengan rencana merilis truk ringan Cabstar. Mobil yang renananya mulai dipasarkan pada 2012 ini, menggunakan mesin hybrid yang diklaim mampu mengurangi emisi CO2 hingga 30 persen. Mesin hybrid Cabstar dikembangkan bekerjasama dengan perusahaan transmisi ZF. Truk tingan tersebut didesain untuk penggunaan perkotaan sehingga fitur start and stop akan juga dipasangkan menambah nilai efisiensi.

Mercedes Benz Vito, VW Crafter BlueMotion, dan Nissan Cabstar akan melengkapi turt serta memeriahkan pameran mobil van masa depan di Hanover Jerman tahun ini.

Tidak ada komentar:

Dapatkan 0.005 US Dollar setiap anda klik