Kamis, 25 September 2008

Toyota Camry Hybrid Gas

Toyota Motor Amerika akan memperkenalkan model konsep Camry sedan yang ditenagai dengan kombinasi hybrid dan compressed natural gas (CNG) di Los Angeles Auto Show November 2008 mendatang.

"Dengan kombinasi ini, Camry akan semakin hemat dalam pengeluaran bahan bakar serta emisinyanya sangat rendah. CNG merupakan salah satu sumber penggerak kendaraan utama dalam waktu ke depan," kata Irv Miller, group vice president, TMS Corporate Communications.

Miller juga menandaskan, CNG akan menjadi perhatian utama pihaknya untuk dikembangkan.

Meski demikian CNG bukan bahan bakar baru yang digunakan produk Toyota, terutama Camry. Pada 1999 Camry CNG dengan mesin 4 silinder sudah dipasarkan untuk kalangan perusahaan. Namun saat itu, konsumen belum tertarik dengan CNG yang terbilang baru dalam sistem pengisian gasnya. Terlebih, infrastruktur penunjangnnya juga belum memadai. Camry CNG kemudian dihentikan pemasarannya setahun kemudian.

Namun saat ini, penggunaan CNG sudah populer. Di seluruh wilayah AS saja sudah terdapat 1.000 stasiun pengisian ulang CNG. Sekira 500 di antaranya sudah dibuka untuk umum.

Miller menganggap penggunaan CNG akan menjadi salah satu tren kendaraan masa depan. Pengembangan infrastruktur CNG masih terus dilakukan pemerintah AS. Saat ini jaringan pipa distribusi CNG sudah mencapai 2,88 juta kilometer. Selain CNG, kata Miller, bahan bakar hydrogen juga akan berkembang di AS.

Tidak ada komentar:

Dapatkan 0.005 US Dollar setiap anda klik