Kamis, 18 September 2008

Nissan Serena Highwat Star


Sudah bosan dengan Serena generasi ke 2 yang mulai dipasarkan 7 tahun lalu? Sepertinya penggemar Serena mesti menahan rindu cukup lama akan pergantian model anyar. Di atas kertas memang sudah waktunya ganti model karena life cycle biasanya 5 tahun.

“Masih lama bahkan belum tahu kapan akan ganti ke generasi 3,” terang seorang narasumber di PT Nissan Motor Indonesia(NMI).

“Kabarnya versi ATPM muncul sekitar 2010 atau malah 2012,” terang Benny, direktur Terminal motor, IU di Kelapa Gading, Jakut yang sudah mendatangkan versi Highway Star.

Menurut pria ramah ini pasarnya cukup ada meski enggak sederas Toyota Alphard. Dibanderol diangka Rp 400 jutaan, cukup banyak perubahan pada eksterior maupun interior. Ada hal unik di dalamnya, seperti penggunaan bangku yang bisa bergeser dari baris ke dua menjadi bangku depan.

FULL MOTORIZED
Dengan dimensi tak terlalu jauh dari pendahulunya, Serena generasi ketiga ini mempunyai desain jauh lebih menarik untuk sebuah MPV. Terutama pada rancangan pintu depan dengan lekukan pada jendelanya.


Mesin 2.000 cc hasil kerjasama Nissan-Renault

Dasbor berdesain elegan

Berbicara soal pintu, ada tiga pintu yang mempunyai motor untuk membuka dan menutupnya (motorized). Pintu geser untuk penumpang belakang (sudah ada pada Serena Highway Star sebelumya), lalu pintu bagasi. Selain bisa dibuka dengan tombol di dasbor dan pintu, bisa juga dioperasikan melalui remotenya.

Di dalam, penataan interior lebih baik dibanding versi lama, lebih berkesan simpel dan serbaramping dan tidak mengurangi fungsinya. Namun, tampak terlalu sederhana, tak ada wooden panel atau pun kombinasi dengan aksen-aksen yang memberi kesan mewah. Seperti door trim di desain biasa saja.


Bangku tambahan bisa bergeser ke depan
Namun, tak perlu khawatir soal perlengkapan lain seperti cup holder, TV monitor serta tombol dan tuas pun mudah dijangkau. Belum lagi adanya dua buah sunroof di belakang bisa dibuka secara elektrik, tetapi untuk depan perlu diungkit sendiri. Selain sunroof elektrik, penumpang belakang pun masih tetap memiliki pengatur AC sendiri, dengan 4 outlet di samping.

Hal baru pada MPV dengan bungkus jok antibasah ini, adalah adanya jok lain di tengah bangku captain’s seat di baris kedua. Jok kecil ini, bisa digeser ke depan, sehingga penumpang depan memiliki alas duduk lebih luas.

O ya, pada bangku kecil ini sudah dilengkapi seat belt terpisah untuk orang yang duduk di atasnya. Memang di baris kedua bisa diduduki tiga orang, meski masih berkesan basa-basi karena bangku tambahan ini berukuran terlalu kecil.

Sementara di baris ketiga, bisa diduduki dengan nyaman, meski tak seluas bangku ketiga pada versi sebelumnya. Bangku baris ketiga ini bisa dilipat dengan rasio 50:50, sehingga penempatan barang dan orang menjadi lebih fleksibel.

Nissan Serena teranyar ini memiliki mesin 2.000 cc. Dapur pacu MR20DE, 1.997 cc, 16 katup DOHC, ECCS, CVTC dengan balancer shaft ini, sama dengan yang dipakai All New Nissan X-Trail 2.0. Tenaganya terasa lebih dari cukup untuk memboyong MPV yang mempunyai kembaran bernama Suzuki Landy ini.

Dapatkan 0.005 US Dollar setiap anda klik