Selasa, 16 September 2008

Mengurangi konsumsi kendaraan dengan mengubah kebiasaan mengemudi

Sekarang ini kita dipusingkan dengan harga BBM yang terus melonjak naik. Apalagi subsidi bahan bakar juga dikurangi, untuk mengatasi hal tersebut satu-satunya cara yang bisa ditempuh adalah penghematan terhadap pemakaian BBM. Bagi anda yang sering melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan, mau tidak mau harus merogoh dompet lebih dalam karena dampak kenaikan BBM. Oleh karena itu anda harus pinter-pinter mengurangi konsumsi BBM pada kendaraan anda supaya tidak boros. Berikut cara-cara yang bisa anda lakukan :

1.Memanaskan Mesin

Tidak perlu anda memanaskan mesin kendaraan anda terlalu lama, cukup 10 sampai 20 detik saja sebenarnya sudah cukup sebelum anda menggunakannya. Karena mesin akan cepat panas ketika anda berjalan. Apalagi mobil-mobil baru kini telah dilengkapi dengan sistem dan bahan mesin yang memungkinkan anda tidak berlama-lama memanaskan mobil.

2.Memelihara dan Mengecek Kondisi Mesin

Untuk menghemat pemakaian BBM usahakan supaya anda rajin memelihara kondisi mesin agar efektif dan maksimal kerjanya. Seperti rutin memeriksa dan mengecek komponen mobil yang berpengaruh terhadap konsumsi BBM. Contohnya, memperhatikan tekanan angin pada ban mobil supaya pas karena itu salah satu cara efektif untuk menjaga konsumsi bahan bakar mobil agar tetap terkendali. Kualitas yang dimiliki busi juga berpengaruh terhadap pengapian kendaraan anda. Jika proses pengapian mobil anda tidak baik, maka ini akan mempengaruhi jumlah bensin yang harus keluarkan. Menjaga saringan udara pada mobil supaya tetap bersih agar tidak berpengaruh terhadap BBM.

3.Bila Mobil dalam Keadaan Rusak
Menjalankan mobil dalam keadaan rusak bisa membuat bensin semakin boros. Jika anda merasakan adanya getaran, bau, atau bunyi yang tidak biasa, segera periksa mobil anda karena adanya kerusakan ringan pada mesin bisa mengakibatkan bensin lebih boros 10-20 persen.

4.Mengurangi Beban pada Kendaraan
Kurangi beban kendaraan, sebisa mungkin jangan membawa banyak barang pada mobil anda. Karena pada kecepatan tinggi, 50 persen kekuatan mesin berkonsentrasi pada tarikan kecepatan. Bila anda membawa barang dengan beban berat otomatis memaksa kerja tarikan mesin.

5.Mengemudi dengan Baik
Perilaku mengemudi ternyata juga sangat berpengaruh terhadap konsumsin BBM kendaraan anda. Cara menyetir yang tenang tidak ugal-ugalan di jalan, akselerasi lembut, dan penempatan gigi perseneling yang pas bisa menekan konsumsi bahan bakar. Mengemudi dengan baik dan cerdas yang selalu menjaga kondisi mesin dalam putaran stabil sehingga tidak terlalu banyak mengerem sangat membantu dalam penghematan BBM.

6.Menjaga Suhu dalam Mobil
Hindari suhu dalam mobil terlalu panas, karena itu hindari sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama yang dapat mempertinggi temperatur karena keadaan tersebut bisa mengakibatkan bensin mudah menguap. Usahakan memarkir mobil di tempat yang teduh atau menggunakan sarung penutup mobil bila anda memarkirnya dalam waktu yang lama.

7.Mengisi BBM
Dalam mengisikan BBM pada mobil anda tidak perlu anda penuhi, karena itu malah akan membuat BBM anda tumpah atau meluber dan cepat meresap ke dalam sela-sela mobil, jadi isilah BBM seperlunya saja. BBM juga mudah menguap oleh karena itu tutuplah tempat BBM dengan benar dan rapat.

Tidak ada komentar:

Dapatkan 0.005 US Dollar setiap anda klik