Minggu, 28 September 2008

Hyundai Santa Fe blue Hybrid

Hyundai Santa Fe blue Hybrid
Hyundai kini mengeluarkan versi kendaraan hybrid-nya yaitu Santa Fe blue Hybrid, dimana varian ini tetap mempertahankan keseluruhan desain, bentuk dan dinamika dari Santa Fe versi standar-nya, perbedaannya hanya terletak apa yang terdapat dibawah hood-nya, alias mesinnya saja.

Para insinyur dari Hyundai sudah mengembangkan sebuah sistem kepemilikan pengendaraan hybrid paralel yang dipasangkan dengan mesin Theta berkapasitas 2.4 liter (2400 cc) yang sangat bertenaga namun hemat bahan bakar yang menggunakan transmisi automatic enam-percepatan sedangkan motor elektrik 41PS dicangkokan untuk lebih memaksimalkan penghematan bahan bakar dan mampu untuk meredam emisi gas buang CO2. Kepemilikan dari sistem pengendaraan hybrid paralel ini yang kemudian akan dibuat sebagai dasar untuk pengembangan model mesin hybrid dimasa depan oleh Hyundai.

Advanced hybrid technology
Dikembangkan dipusat penelitian Namyang R&D Centre di Korea, teknologi hybrid petrol-electric yang ditampilkan pada Santa Fe blue Hybrid mampu meredam emisi gas buang CO2 hingga 148 g/km dan juga mampu menghantarkan konsumsi bahan bakar sebanyak 6.2L/100km. Dengan perkiraan kecepatan maksimum yang dapat dicapai hingga 170 km/h

Tenaga pendorong elektrik untuk Santa Fe blue Petrol-Electric Hybrid menggunakan sebuah motor elektrik 41PS (205Nm), yang dipasangkan secara langsung dengan transmisi automatic enam-percepatan. Rasio ketiga gir teratas sudah diperluas untuk memastikan bahwa putaran rendah revolutions per minute (RPM) dari mesin dan untuk lebih menjaga lagi kestabilan bahan bakar.

Tenaga elektriknya disimpan dalam baterai Lithium Polymer 270V yang dapat diisi ulang (5.3Ah/270V) dimana baterai ini mempunyai keunggulan dibandingkan dengan baterai-baterai Lithium-Ion lainnya, termasuk kepadatan energi yang tinggi dan biaya pembuatan yang rendah. Li-Poly juga tahan terhadap kerusakan fisik dan juga bisa mengisi ulang kembali tenaga baterai sebelum kapasitasnya menurun.

Hyundai berencana untuk memulai penjualan dari mobil elektrik hybrid pertamanya dibulan Juli 2009. Mobil ini akan dijual kepasaran pertama kali di daratan Korea dengan label Avante, Elantra LPI Hybrid akan menjadi kendaraan hybrid listrik pertama didunia yang ditenagai oleh liquid petroleum gas (LPG) dan juga menjadi yang pertama dalam mengadopsi keunggulan dari baterai Li-Poly .

Tidak ada komentar:

Dapatkan 0.005 US Dollar setiap anda klik