Jumat, 26 September 2008

Apa benar kijang Innova boros?

Kijang Innova Boros ??


Beberapa waktu lalu pihak TAM menepis pemberitaan yang kurang baik tentang Kijang Innova boros. Toyota Kijang memang sebuah line up Toyota yang maha legendaris di Indonesia, jelas tidak mungkin TAM rela kalau anak emas nya dijelek-jelekan, apalagi kalau tidak ada pembuktian.

Sesuai dengan kutipan dari situs resmi Toyota Indonesia, TAM mengadaan survey jalanan kepada pengguna Kijang Innova di daerah Jawa Timur & Jawa Barat dan menemukan bahwa pengguna Kijang Innova PUAS akan efisiensi bahan bakarnya.

Berdasarkan hasil survey tersebut konsumsi BBM Kijang Innova adalah 8-10 km/liter. Kalau memang benar Innova dapat mencapai efisiensi ini berarti kabar burung yang selama ini beredar sama sekali tidak benar. Entah dari mana asalnya tetapi kabar tentang Kijang Innova boros memang sudah beredar dari lama. Parahnya, banyak bengkelpun mengatakan bahwa Kijang Innova, terutama yang bermesin bensin, BOROS.

Salah satu responden mengatakan bahwa Kijang Innova 2.000 cc yang dipakainya sehari-hari "cuma kuat 5 km/liter". Wallllaaah.... segitu sih mirip dengan mobil-mobil eropa bermesin gede dong. Alih-alih hemat (dengan kapasitas angkut besar) malah bisa tekor. Bayangkan saja... kalau dia berdomisili di Bekasi dan ngantor di daerah Mangga Dua berarti dia menempuh jarak kira-kira 40 km satu kali jalan via tol dalam kota, 80 km bolak balik. Belum lagi ditambah biaya tol. Berat di kantong deh.

Coba kita hitung
Dengan perhitungan 80 km dibagi 5 km/liter berarti dalam sehari si Kijang meminum bensin 16 liter. Kalau dirupiahkan jadi Rp 6.000 x 16 liter = Rp 96.000.

Dengan biaya tol Pondok Gede + dalam kota = Rp 2.500 + Rp 5.500 = Rp 8.000 sekali jalan, dua kali jalan jadi Rp 16.000.

Total perjalanan dia pulang-pergi kerja jadi Rp 96.000 + Rp 16.000 = Rp 112.000,- Banyak juga ya.

Dengan 25 hari kerja dalam sebulan berarti dia harus keluar uang transportasi sebesar Rp 112.000 x 25 = Rp 2.800.000,- Emang gajinya dia berapa tuh? Kalau udah kayak gini bukannya mendingan ganti mobil?

Ok, bagaimana dengan pengalaman anda para netters yang menggunakan Kijang Innova ? Coba beri komentar tentang pengalaman kalian agar calon pembeli dan pengguna Innova bisa dicerahkan secara objective.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya pake innova bensin. Konsumsi bensinnya emang boros sih, sekitar 1:7 dalam kota, ga pernah sampe 1:8. Untungnya ini mobil kantor. Saya ga bakalan beli sendiri, boros, bodinya gede.. mungkin lebih cocok buat keluar kota. Heran juga banyak orang beli. Harusnya dengan image Kijang, produsennya lebih memperhatikan konsumsi bahan bakarnya juga.

Mobil Baru mengatakan...

Ada kok yang kijang innova yang irit bensin....yang tipe 2.5 GD/MT... :)

Unknown mengatakan...

Kalau mau irit jangan beli mobil. Naik angkot atau jalan kaki aja. Ada konsekuensi kalau ingin kenyamanan. Mau murah irit bagus nyama hahahah

Dapatkan 0.005 US Dollar setiap anda klik