Senin, 25 Agustus 2008

Tata Nano,sebuah Mobil murah alternatif dari India


Dengan panjang hanya 3,1 meter bahkan tidak lebih panjang dari chery QQ ( 3,55 mtr )mobil sekelasnya yang berasal dari China, Tata Nano adalah salah satu mobil terkecil didunia yang diharapkan bisa meramaikan jalan-jalan di India bahkan Asia tenggara. Selain kecil, Tata Nano pun terbilang mobil paling murah didunia. Dengan hanya cukup merogoh kocek 2500 Dollar AS ( 1 lakh ) anda sudah dapat memiliki mobil ini.

Desainnya sangatlah sederhana, tidak ada yang istimewa pada bodynya, hal ini dimungkinkan untuk mengirit biaya produksi। Dapur pacu cukup menggunakan mesin 632 cc 2 silinder dilengkapi dengan multipoint fuel injection cukup untuk mengkonsumsi bbm 20 km/liter dalam kota dan sanggup menyemburkan daya 33 dk। Ini adalah kali pertama mesin bensin 2 silinder digunakan untuk mobil dengan single shaft balancer. Meskipun demikian tata Nano didesain untuk kebutuhan keluarga sehingga penumpang belakang dibuat nyaman dengan ruang kaki dan kepala yang cukup baik untuk rata-rata ukuran orang asia.

Ukurannya yang mungil ( panjang 3.1 meter, lebar 1.5 meter dan tinggi 1.6 meter ) cukup mudah untuk diajak bermanuver di jalanan yang sibuk dan padat seperti di kota kota besar di asia dan baik untuk melaju di jalanan lurus.Tidak perlu khawatir tentang safety karena body Tata Nano dilengkapi sheet metal untuk kompartemen penumpang yang lebih kuat dan fitur-fitur lain seperti crumple zones,intrusion-resistant doors dan seat belt.

Sungguh sangat menarik mengingat harga yang ditawarkan sangatlah murah, mari kita tunggu kedatangannya di Indonesia
.


Tidak ada komentar:

Dapatkan 0.005 US Dollar setiap anda klik