Rabu, 27 Agustus 2008

Penjualan mobil di Indonesia tertinggi tahun ini


Banyak kalangan memprediksi, kenaikan harga BBM akan mengubah selera orang Indonesia untuk membeli mobil. Namun kenyatannya tidak. Pada 2008 ini, penjualan mobil diprediksi mencapai rekor tertinggi sepanjang sejarah, yaitu 570.000 unit.

"Saya yakin, tahun ini penjualan mobil di Indonesia setidaknya akan mencapai 570.000 unit," tegas Johnny Darmawan, Presiden Direktur TAM usai peluncuran new Kijang Innova di Ritz Carlton Senayan Jakarta, Selasa (26/8/2008).

Perhitungan tersebut, lanjut Johnny didasarkan pada analisa delapan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) asal Jepang yang memasarkan produknya di Indonesia. Prediksi ini bukan sekedar isapan jempol, mengingat pabrikan mobil Jepang memang merajai pasar mobil di Indonesia. Setidaknya ini bisa dilihat dari posisi lima besar pemegang merek mobil paling laris, yaitu Toyota, Mitsubishi, Suzuki, Daihatsu, dan Honda. Semuanya merupakan pabrikan Jepang.

Meski demikian, Johnny memprediksikan penjualan di semester kedua 2008 akan menurun dibanding semester pertama. Selain karena keterbatasan suplai akibat banyaknya hari libur, penjualan sudah tersedot ke bulan Juli yang menembus 61.000 unit. Angka ini dinilai sebagai puncak penjualan mobil selama 2008.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama periode Januari hingga Juli 2008, penjualan mobil telah mencapai angka 353.501 unit. Johnny yakin, sisa lima bulan di 2008 ini akan menambah perolehan penjualan hingga mencapai 570.000 unit. Angka ini melampaui rekor penjualan mobil pada 2005 yang mencapai angka 538.000 unit.

Meski demkian, Johnny menyayangkan kebijakan pemerintah yang akan memberlakukan pajak progresif kendaraan hingga 200 persen. Menurutnya, ini akan memukul industri automotif keseluruhan yang merupakan salah satu industri yang mampu menyerap tenaga kerja terbanyak di Indonesia. "Jika alasannya karena mengurangi kemacetan, jangan dampaknya ke industri. Bayangkan berapa tenaga kerja yang akan kehilangan mata pencariannya jika sektor automotif terkena dampaknya," tegas Johnny.

Industri automotif, tak hanya bicara tentang pabrik perakitan, namun juga komponen, suku cadang, suplaier, bengkel komponen, asesoris, hingga sektor informal, seperti katering. "Ini tentu melibatkan sangat banyak tenaga kerja," ungkap Johnny.

Selain itu, kebijakan ini juga akan mengurangi selera investor luar untuk menanamkan sahamnya di sektor automotif. Padahal sektor automotif dan pendukungnya, membutuhkan dana investasi yang besar. "Untuk satu pabrik, seperti mesin, dibutuhkan dana sekira USD150 juta," kata Johnny.

Untuk itu, Johnny mengimbau agar dicarikan solusi lain untuk mengatasi kemacetan, seperti perbaikan infrastruktur jalan, penegakan hukum lalu lintas, dan solusi lainnya.


berita disadur dari okezone.com

Toyota meluncurkan New Kijang Innova



Kalau tidak ada angin tidak ada hujan tiba-tiba harga mobil
naik dengan alasan harga bahan baku yang naik tentunya
tidak biasa dan seringkali membuat konsumen kaget. Tapi
kalau dibarengi dengan ubahan face lift tentunya konsumen
tidak merasa diberatkan karena ada value lebih yang didapat.

Hal ini agaknya bisa kita temukan pada launching New Kijang
Innova. Meski harganya naik Rp 4 juta untuk tipe E dan G,
dan Rp 8 juta untuk tipe V tapi banyak ubahan dan
penambahan fitur yang bisa dinikmati. Meski diakui di balik
kenaikan harga ini ada juga dampak dari kenaikan bahan baku.

“Seperti bisnis media massa, jika naik harga maka ditambah
halamannya,” canda Achmad Rizal, Head Communication
Department PT Toyota Astra Motor (TAM) mencontohkan.
Hal yang sama juga diakui Jhonny Darmawan selaku Presiden
Director PT TAM.


“Sebenarnya ada dampak dari kenaikan harga bahan baku yang
masuk didalam kenaikan harga unit New Kijang Innova. Meski
tidak sepenuhnya dibebankan pada konsumen. Bila dihitung
tentunya kenaikan harga unit itu belum sebanding dengan
kenaikan bahan baku di pasar dunia,” ungkapnya.

Hal ini tentunya jadi pertanyaan tersendiri karena sehari
sebelumnya Kaoru Hosokawa, Chief Enginer Kijang Innova
mengaku biasanya face lift mobil yang berada di bawah IMC
(innovative internasional multipurpose vehicle) pada
umumnya punya jarak 5 sampai 6 tahun sekali.



Peluncuran Kijang Innova face lift inibisa dibilang lebih
cepat dari jadwal yang biasa dilakukan. Karena perubahan
ini hanya berjarak 4 tahun dari pertama kali Kijang
Innova dirilis pada 2002 lalu. Jangan-jangan memang
sengaja dimajukan untuk tetap mempertahankan penjualan
dengan strategi ini.


Namun terlepas dari disengaja atau tidak, langkah yang
dilakukan Toyota boleh dibilang tepat. Seperti yang sudah
disebutkan, dengan dibarengi ubahan face lift tentunya
konsumen tidak merasa diberatkan. Dan minat pasar
terhadap New Kijang Innova tetap bisa dipertahankan.


Peningkatan pada New Kijang Innova :
Exterior
1.New design front bumper (All grades)
2.New design of alloy wheel (V & G)
3.New design of radiator grill (All grades)
4.Hood molding color (E)
5.Hood molding chroom package (G)
6.Lower back door garnish color package (E)
7.Door Handle & outer mirror color package (G)
8.New design rear bumper with reflector (All grades)
9.New design of rear combination lamp (All grades)

Interior
1.New auto AC panel control (V)
2.New passenger sun visor with mirror & lid (V & G)
3.Higer transmission console (All grades MT models)
4.New audio design (V & G)
5.Streeing switch (V)
6.New seat pattern (All grades)
7.New grege interior color (E)
8.New wood grain design (V)

Safety & Security
1.Dual SRS airbags (V)
2.New toyota alarm (E)


berita dilansir dari otomotifnet.com

Senin, 25 Agustus 2008

All new nissan X-trail 2008



Persembahan terbaru dari nissan motor yaitu all new Nissan X-Trail, facelift yang ditunggu-tunggu para pecinta Nissan maupun SUV khususnya di Indonesia. Seperti kita tahu bersama Nissan berjaya setelah pertama kalinya meluncurkan X-Trail nya pada tahun 2004 dengan jumlah penjualan yang mengalahkan pesaing-pesaingnya di kelas SUV, kita lihat apakah mereka bisa mengulanginya lagi setelah Nissan memperkenalkan facelift terbarunya yaitu all new Nissan X-trail.

All mode 4X4 adalah teknologi terkini yang diperkenalkan Nissan pada X-Trail yang memberikan stabilitas luar biasa dalam berkendara baik bermanuver maupun pada jalan yang lurus. Desain 4WD switchnya sangat mudah digunakan dan menawarkan tiga tipe pilihan dalam mengemudi yaitu 2WD Mode, AUTO Mode dan LOCK Mode. 2WD mode digunakan untuk berkendara di kondisi jalan normal dan menghasilkan konsumsi bbm yang efisien. AUTO mode digunakan pada kondisi normal yang akan mengalirkan torsi ke roda depan dan pada saat sensor otomatis mendeteksi kebutuhan tenaga tambahan, 4WD koplingnya akan segera aktif dan mengalirkan torsi tambahan pada roda belakang untukmencegah terjadinya slip pada roda. LOCK mode digunakan bila memang kita ingin mengaktifkan mode 4X4 secara terus menerus dengan perbandingan distribusi torsi 57:43 roda depan berbanding roda belakang.


Di bagian interior kita melihat banyak fitur tambahan seperti Driver's Box dengan soket power 12 Volt, Multipurpose box yang dapat mendinginkan hingga 2 minuman kaleng, fungsiini dapat diatur on/off, lalu upper glove box dan glove box yang lebih menarik. Meter cluster yang tetap ditempatkan ditengah dashboard membuat saluran udara dapat tepat ditempatkan didepan pengemudi. Dua cupholders depan ditiap sisi kanan dan kiri untuk pengemudi dan penumpang depan yang dilalui saluran air conditioner. Dan untuk audio system memiliki 2-DIN,AM/FM, in-dash dengan 6-CD changer untuk 2.5 L dan 1-DIN, AM/FM, CD player untuk 2.0 L.

Kokpit yang lebih menarik seperti terlihat pada gambar dibawah.

Area bagasi dilengkapi dengan board yang sangat kuat sehingga anda tidak perlu khawatir akan lumpur yang terbawa masuk dalam beraktifitas. Dibuat dari bahan resin yang mudah untuk dibersihkan dan memiliki permukaan yang tidak licin sangat praktis dalam penggunaannya. Sehingga bila board ini kotor anda cukup untuk membuka dan membasuhnya dengan air.


Seats baru yang lebih fungsional dan elegan.

Fitur-fitur lainnya seperti kaca anti sinar UV, socket 12 V, step lamp yang ditempatkan ditepi setiap pintu, luggage cover, spoiler atap khusus untuk 2.0 L, antena yang terpasang diatap mobil, cupholders di tempat duduk bagian belakang, ruang kaki yang lebih lega dan pedal sports yang terbuat dari alumunium alloy membuat X-trail semakin nyaman dan trendy.



Dan untuk dapur pacu masih tersedia dengan dua pilihan yaitu 2.5 Liter, 180 dk dan 2.0 Liter, 150 dk dengan mesin CVTC ( Continuously variable-valve Timing Control ) yang diharapkan sangat baik dalam berakselerasi, mencapai kecepatan maksimal dan tapi tetap dengan penggunaan bahan bakar yang efisien.


Spesies baru itu bernama Nissan Qashqai


Nissan Qashqai menawarkan sesuatu yang berbeda secara personal untuk para kaum urban dengan jiwa petualang yaitu sebuah crossover SUV. Desain Cockpit yang menarik, handling yang halus dan berkendara nyaman membuat Qahqai seperti sebuah sport sedan. Meskipun memiliki teknologi dynamic safety dan fleksibilitas interior layaknya SUV.

Bagian Interior sangatlah menarik, kabinnya lega menyediakan ruang melimpah bagi senderan kepala dan pandangan yang luas, pengendara dan penumpang memeiliki kepuasan yang sama menikmati kendaraan ini.


Material jok berkualitas tinggi, kursi belakang dapat dilipat dengan perbandingan 6:4 dan terlipat dengan sangat baik sehingga anda bisa menempatkan barang bawaan yang lebih panjang di bagian belakang.


Console tengah bisa digunakan untuk menyimpan 2 botol minuman dan bagian bawah sliding armrest bisa menyimpan hingga 8 CD. Armrest juga dapat ditarik kedepan hingga 85mm (khusus untuk tipe premium).


Meter cluster yang manis dengan efek iluminasi terang dan gelap dan dilengkapi brightness adjustable. Glove box memiliki kapasitas 14 liter yang dapat mendinginkan 9 botol berukuran 500 ml. Ventilasi udara sangat baik dan powerful, menggunakan sistem Quick Blow Ventilation dengan kontrol sekali sentuh yang mengalirkan udara segar. Dengan fasilitas tambahan Qashqai premium pun memiliki kontrol udara tersendiri untuk zona kanan dan kiri juga baik penumpang dan pengendara yang ingin mengatur kondisi udaranya secara personal.

Nah sekarang apa anda memimpikan Qashqai berada di garasi anda? Definitely yaa.

Tata Nano,sebuah Mobil murah alternatif dari India


Dengan panjang hanya 3,1 meter bahkan tidak lebih panjang dari chery QQ ( 3,55 mtr )mobil sekelasnya yang berasal dari China, Tata Nano adalah salah satu mobil terkecil didunia yang diharapkan bisa meramaikan jalan-jalan di India bahkan Asia tenggara. Selain kecil, Tata Nano pun terbilang mobil paling murah didunia. Dengan hanya cukup merogoh kocek 2500 Dollar AS ( 1 lakh ) anda sudah dapat memiliki mobil ini.

Desainnya sangatlah sederhana, tidak ada yang istimewa pada bodynya, hal ini dimungkinkan untuk mengirit biaya produksi। Dapur pacu cukup menggunakan mesin 632 cc 2 silinder dilengkapi dengan multipoint fuel injection cukup untuk mengkonsumsi bbm 20 km/liter dalam kota dan sanggup menyemburkan daya 33 dk। Ini adalah kali pertama mesin bensin 2 silinder digunakan untuk mobil dengan single shaft balancer. Meskipun demikian tata Nano didesain untuk kebutuhan keluarga sehingga penumpang belakang dibuat nyaman dengan ruang kaki dan kepala yang cukup baik untuk rata-rata ukuran orang asia.

Ukurannya yang mungil ( panjang 3.1 meter, lebar 1.5 meter dan tinggi 1.6 meter ) cukup mudah untuk diajak bermanuver di jalanan yang sibuk dan padat seperti di kota kota besar di asia dan baik untuk melaju di jalanan lurus.Tidak perlu khawatir tentang safety karena body Tata Nano dilengkapi sheet metal untuk kompartemen penumpang yang lebih kuat dan fitur-fitur lain seperti crumple zones,intrusion-resistant doors dan seat belt.

Sungguh sangat menarik mengingat harga yang ditawarkan sangatlah murah, mari kita tunggu kedatangannya di Indonesia
.


Dapatkan 0.005 US Dollar setiap anda klik